Lite Nite Note (But I write it in the morning)

by - 9:56 AM

 Dulu saat masih kuliah, saya pernah ikut pelatihan (yang saya lupa detail nama acaranya) tentang kepemimpinan atau kewirausahaan, atau hal-hal yang mirip ESQ. Saya ingat betul disalah satu prakteknya itusaya disuruh menjatuhkan diri saya ke belakang, sementara itu ada salah seorang peserta lain yang akan menahan saya saat jatuh. That's my problem! Saya ragu untuk menjatuhkan diri saya saat itu. Saya baru kenal orang tersebut beberapa jam yang lalu, kami hanya mengobrol ringan sekedar basa-basi, sekarang saja saya lupa namanya. Dan badan dia sebenarnya juga kurang lebih kecil seperti saya. Kemudian bapak Speaker-nya bilang, kenapa tidak berani menjatuhkan diri? berarti kita tidak percaya dengan orang di belakang kita? 

What's on my mind? That's silly.  

Bagi saya kepercayaan itu harus berdasar pada pengalaman. Maksud saya realistis saja, soal kepercayaan kita harus tahu kemampuan orang tersebut apa, apa saja yang kita bisa percayakan atau tidak. Walau untuk tugas-tugas kecilpun tidak semua orang mempunyai kemampuan yang sama untuk melaksanakannya. Bahkan orang yang hampir 24 jam atau hampir seumur hidup bersama kita, misal kita mendelegasikan tugas kepadanya, tidak bisa copycut apa yang biasa kita lakukan.

Kalau berdasarkan teori-teori pelatihan tersebut, mungkin saya tidak sesuai dengan versi ideal mereka. Saya pikir tidak semua metode kepemimpinan harus sama rata modelnya. Saya mungkin lebih suka (atau lebih nyaman) memilih orang kepercayaan yang bisa meminimalisir kegagalan. Kalau kata Wisnutama sih, zero mistake

Sekian sih, curhat saya. Sebenarnya cuma mau curhat berapa hari yang lalu nitip orderan makanan kepada adik saya. Sudah saya kasih rincian apa saja yang di order dan dikirim ke mana saja, bahkan sudah saya wanti-wanti agar tidak tertukar, tapi masih saja tertukar. Dunno why... I'm just meeeeh, capek deeeh.. Emang paling bener apa-apa tuh dilakukan sendiri aja. 

You May Also Like

0 komentar

Terima kasih untuk setiap komentar yang dimasukkan.

info